Visi, Misi dan Strategi

 

VISI :

"Menjadi Pusat Informasi dan Perdagangan Bahan Pangan Asia Tenggara."

 

MISI :

  • Membangun dan menyelenggarakan serta mengelola fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan food station
  • Membangun dan menyelenggarakan sentra perdagangan bahan kebutuhan pokok makanan
  • Membangun dan mengelola serta meningkatkan pelayanan Pasar Induk Beras Cipinang
  • Mengadakan dan menyalurkan serta menjaga stabilitas supplai, distribusi, dan harga bahan pangan pokok
  • Melakukan dan mengelola perdagangan umum kebutuhan bahan pokok beras
  • Membangun kawasan pangan melalui kerjasama kemitraan untuk menjamin suplai  beras ke pasar Induk Cipinang
  • Menjalankan Sistem Resi Gudang untuk membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya.

 

FUNGSI STRATEGIS :

  • Menjamin ketersediaan suplai beras DKI Jakarta (dengan tingkat harga yang terjangkau masyarakat)
  • Sebagai instrumen (yang dapat digunakan Pemerintah) untuk pengendalian harga beras di DKI Jakarta
  • Pusat perdagangan beras (dan palawija) di DKI Jakarta
  • Merupakan pasar beras terbesar di Indonesia
  • Merupakan pusat perdagangan beras antar daerah dan antar pulau
  • Menjadi acuan (harga) bagi pasar beras nasional
  • Penyangga pasar beras untuk DKI Jakarta dan daerah sekitarnya (Jabodetabek)
  • Menggambarkan issue perberasan secara nasional