Ribuan Paket Pangan Murah di Sebar ke Kepulauan Seribu

Upaya menekan harga kebutuhan pokok dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bagi warganya di Kepulauan Seribu. Hal itu dilakukan mengingat harga pangan di wilayah terluar ibu kota lebih tinggi sekitar 20 sampai 30 persen dcari harga di pasaran daratan Jakarta.

 

Mengingat biaya transportasi dari darat ke Kepulauan Seribu cukup tinggi. “Karena itu berbagai cara kita lakukan untuk menekan harga-harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya di Kepulauan Seribu,” kata Kepala Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati

 

Selain mensubsidi transportasi kapal kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemhub) RI, kapal yang disediakan di Pelabuhan Sunda Kelapa juga dapat digunakan mengangkut produk-produk pangan ke Kepulauan Seribu. Sehingga Pemprov DKI Jakarta dapat menggulirkan program pangan murah untuk masyarakat Kepulauan Seribu.

 

“Pak Gubernur mengarahkan kami, pokoknya, orang pulau jangan merasa berbeda dengan orang daratan,” tegas Sri.

Bupati Kepulauan Seribu, Husen Murad mengatakan program pangan murah yang digelar di Kabupaten Kepulauan Seribu dilakukan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta.

 

“Program pangan murah berlaku untuk pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Penyedia Jasa Lainnya orang Perorangan (PJLP) atau pekerja harian lepas (PHL) yang honornya sesuai dengan UMP DKI,” kata Husen.

 

Hingga saat ini sudah ada 3.330 paket pangan murah yang diberikan kepada masyarakat Kepulauan Seribu. Dengan rincian, Pulau Harapan sebanyak 400 paket, Pulau Kelapa 700 paket, Pulau Utung Jawa 400 paket, Pulau Tidung 700 paket, Pulau Pramuka 700 paket dan Pulau Pari/Lancang 400 paket.

(TribunNews.com)