112 Pasar Disiapkan untuk Mendistribusikan Beras Premium

PD Pasar Jaya menyiapkan sebanyak 112 pasar untuk mendistribusikan beras premium dalam operasi pasar (OP) yang akan dilakukan pemerintah.

 

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, Pemprov DKI melalui PD Pasar Jaya bersama pemerintah pusat berkomitmen dalam menjaga stabilisasi harga beras di masyarakat.

 

"Komitmen itu diwujudkan dengan terus memperbanyak pasar milik PD Pasar Jaya untuk menjual beras premium jenis IR yang dijual dengan harga seragam, yaitu Rp 9.300 per kilogram," ujarnya.

 

Ia menjelaskan, awal operasi pasar dimulai, pihaknya menyiapkan 13 pasar yang menjual beras premium. Tahap kedua sebanyak 74 pasar dan selanjutnya tahap ketiga akan menyiapkan sebanyak 112 pasar.

 

Ia menambahkan, dalam pendistribusian, pihaknya tidak menjadi eksekutor (penjual) melainkan melibatkan para pedagang di PD Pasar Jaya dan koperasinya untuk menjual beras kepada warga dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

 

"Kami mendistribusikan sebanyak 5-10 ton beras premium per hari di setiap pasar. Jika permintaan bertambah, pendistribusian juga akan ditambah, jadi warga tidak perlu resah," ucapnya.

 

Yani (65), salah seorang pedagang beras di Pasar Santa, Kebayoran Baru menuturkan, dirinya sangat bersyukur dengan digelarnya operasi pasar oleh pemerintah.

 

"Penjual dan pembeli sangat terbantu dengan adanya operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah," tandasnya.

 

(Berita Jakarta)