Riau siapkan 30.000 hektar lahan untuk lumbung pangan

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa Riau telah melakukan persiapan untuk pembangunan lumbung pangan (food estate) pada lahan yang dicadangkan seluas 30.000 hektare.

"Pemrov Riau telah mengajukan permohonan kepada Menteri Pertanian, dan telah menyiapkan lahan seluas 30.000 hektar dengan harapan Riau juga bisa dibangun lumbung pangan baru," kata Syamsuar dalam keterangannya dari Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, Menteri Pertanian bahkan telah menugasi Dirjen dan kepala Litbang untuk meninjau ke lapangan untuk mendukung program yang telah diusulkan tersebut.

Jelang Ramadan, Kementan Pastikan Pasokan Daging Tersedia

jpnn.com, TANGERANG - Kementerian Pertanian bergerak cepat memastikan ketersediaan sapi potong dan daging beku menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) yakni Ramadan dan Idulfitri. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, untuk memastikan ketersediaan daging sapi tersebut, pihaknya bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan BUMN meninjau PT. Tanjung Unggul Mandiri (TUM) dan PT. Indoguna Utama di Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (3/3). PT. TUM sebagai fedloter (pemeliharaan ternak) dan stok daging beku, PT. Indoguna Utama sebagai pemasok daging beku.

Produksi Panen Naik, Potensi Produksi Beras Januari-April 2021 Naik 3 Juta Ton

TRIBUNNEWS.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) hari Senin (1/3/2021) merilis secara resmi angka tetap produksi padi di Indonesia.

Produksi padi pada 2020 sebesar 54,65 juta ton gabah kering giling (GKG), mengalami kenaikan sebanyak 45,17 ribu ton atau 0,08 persen dibandingkan 2019 yang sebesar 54,60 juta ton GKG.

Potensi produksi beras di DKI pada Januari-April capai 423,88 ton

Jakarta (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat potensi produksi beras di wilayah Ibu Kota Negara pada Januari hingga April 2021 mencapai 423,88 ton.

Berdasarkan data dari BPS DKI Jakarta menunjukkan angka tersebut didapatkan dengan rincian nilai produksi padi yang dikonversikan menjadi beras pada Januari 2021 tercatat sebesar 38,49 ton beras, dan potensi produksi beras sepanjang Februari hingga April diperkirakan sebesar 385,39 ton beras.

Produksi padi berpotensi naik, Kementan terus lakukan mitigasi pencegahan gagal panen

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, produksi padi atau gabah kering giling (GKG) pada periode Januari-April 2021 diperkirakan mencapai 25,37 juta ton. Proyeksi ini naik 26,88% dari realiasai produksi padi atau GKG pada periode yang sama tahun lalu. 

Serupa, potensi produksi beras di Januari 2021 pun diperkirakan akan mencapai 14,54 juta ton, melesat 26,84% dibandingkan produksi beras pada periode sama tahun sebelumnya.