Kementan Targetkan Swasembada Bawang Putih di 2021

Cita-cita swasembada bawang putih pada 2021 menghadapi tantangan yang berat. Sebab, hingga saat ini kebutuhan bawang putih masih 95% dipenuhi melalui impor. Disparitas harga yang cukup lebar, antara harga di negara asal dan dalam negeri juga menjadi salah satu faktor sulitnya mencapai cita-cita tersebut.

Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Yasid Taufik menceritakan bahwa Indonesia pernah swasembada pada 1994 dan mampu memenuhi kebutuhan bawang putih. Namun krisis ekonomi 1998 membuat impor produk pertanian termasuk bawang putih menjadi tak terkendali.

"Kini ketergantungan bawang putih pada bawang putih impor sangat tinggi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/8/2019)

CBPD Cegah Kerawanan Pangan

Beberapa wilayah di Indonesia rentan bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi,  banjir dan tsunami. Musim hujan atau kemarau ekstrim (fenomena El Nino dan La Nina) juga berpotensi menyebabkan gagal panen, yang dapat mempengaruhi gejolak harga dan memicu inflasi. 

Kementan Minta Kepala Daerah Alokasikan APBD Untuk Cadangan Pangan

Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut sejumlah wilayah di Indonesia masih rentan bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, dan tsunami. Hal tersebut berpotensi menyebabkan gagal panen, yang dapat mempengaruhi gejolak harga, dan memicu inflasi.

"Kondisi ini berpotensi menghambat akses pangan masyarakat yang dapat menyebabkan kondisi rentan rawan pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi, dalam pertemuan koordinasi Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) Wilayah Timur di Bali, Senin (19/8).

Bulog jadi penyalur beras bantuan pangan non tunai mulai September

Perum Bulog akan menjadi penyalur seluruh beras dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tugas ini akan dimulai pada 1 September 2019 mendatang. Ketentuan tersebut telah resmi setelah ada penandatanganan kesepakatan dengan Kementerian Sosial (Kemsos).

Ini Pemenang Lomba Cipta Menu Festival Pangan Jakarta 2019

Tim Penggerak PKK Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, menjadi pemenang Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk kategori Kelompok PKK pada Festival Pangan Jakarta 2019. Sementara, untuk Juara 2 diraih TP PKK Kecamatan Cipayung, dan Juara 3 dimenangkan oleh TP PKK Kecamatan Pulau Kelapa.