Pemerintah Bersinergi Cari Solusi Alih Fungsi Lahan Persawahan

Silang pendapat mengenai jumlah produksi beras nasional usai terbitnya data pangan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan metode baru Kerangka Sampel Area (KSA) masih menyisakan pertanyaan bagi sebagian kalangan. Pasalnya ada yang berpandangan bahwa jumlah produksi beras berkaitan erat dengan luas lahan persawahan.

Musim Hujan, Harga Bawang Merah di Blitar Naik Rp 4.000/Kg

Memasuki musim penghujan, harga bawang merah naik di wilayah Blitar, Jawa Timur mengalami kenaikan. Seperti yang terjadi di Pasar Templek, Kota Blitar.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jumat (16/11/2018), harga bawang merah mengalami kenaikan sebesar Rp 4.000 per kg. Jika sebelumnya bawang merah dijual seharga Rp 18.000 per kg, hari ini naik menjadi Rp 22.000 per kg.

INDEF: Pemerintah harus pastikan target produksi beras tercapai

Pemerintah harus memastikan target produksi beras pada November dan Desember 2018 tercapai agar tidak terjadi gejolak harga pangan yang kemudian mengerek inflasi menjadi lebih tinggi, kata peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Rusli Abdullah.

Stabilkan Harga, Kementan Jual Murah Beras di Pasar hingga Kampung

Dalam upaya menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan pokok dan strategis, khususnya di wilayah Jabodetabek, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) secara rutin melakukan gelar pangan murah (GPM).

Stok Beras Aman, Inflasi Terkendali, dan Kemiskinan Menurun

Stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) terpantau masih dalam kondisi aman, bahkan cenderung berlimpah.

Per 12 November kemarin, stok beras di PIBC tercatat mencapai lebih dari 51 ribu ton.