Food Station Bersama Pemprov DKI Jakarta Tanam Bersama Varietas Bawor 9 di Kabupaten Indramayu

Indramayu - PT Food Station Tjipinang Jaya bekerja sama dengan dengan mitra kerja Koperasi Malai Padi, melakukan kegiatan Penanaman Bersama Padi Varietas Bawor 9 Periode Masa Tanam 2020. Di Desa Kongsijaya, Kec. Widasari, Indramayu, Jawa Tengah. Selasa, 7 Januari 2020.

 


Kegiatan dihadiri Komisaris Utama Food Station Masrokhan, Anggota Komisaris Abdul Rahman Kadir, Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi, Direktur Operasional Frans M Tambunan, Kepala Bagian Pengadaan Ferry Fardiansyah, Kepala Bagian Perdagangan Modern Thomas Irawan, dan Kepala Bagian Perdagangan Tradisional Eri Murtayid.


Selain itu hadir juga Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Riyadi, Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Djoko Raharto, Biro Perekonomian DKI Jakarta Agi Isayagi, Dinas KPKP DKI Jakarta Imam wahyudi, Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Koperasi Malai Padi, serta para pelaku pertanian wilayah Indramayu.


Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi menyampaikan rencana penanaman Padi Varietas Bawor 9 ini akan di tanam seluar 100 Ha dan penanaman perdana seluas 5 Ha.


"Penanaman Padi Varietas Bawor 9 ini rencananya akan di tanam seluas 100 Ha dengan penanaman perdana 5 Ha di Desa Kongsijaya. Kami juga bekerja sama dengan Koperasi Malai Padi Indramayu, serta para petani lokal di Desa Kongsijaya ini." Ungkap Arief.


"Rencananya target produksi Varietas Bawor 9 ini 50 ton per bulannya untuk periode produksi April sampai Desember 2020." Lanjut Arief.


Arief juga menjelaskan bahwa varietas Bawor 9 merupakan Long Grain Aromatic yang memiliki ciri-ciri butir panjang, tekstur yang pulen dan memiliki aroma yang wangi. Tambahnya


Ketua Koperasi Malai Padi Indramayu, Mas Eeng mengungkapkan antusiasnya para petani dalam bekerja sama menanam padi varietas Bawor 9, karena baru kali ini bagi patani ada yang bisa menjamin membeli panen yang dihasilkan.


"Selama ini banyak pengujian-pengujian dan janji yang tidak sesuai kenyataan. Petani sudah berkorban biaya, waktu dan tenaga tetapi ketika panen tidak ada yang membeli. Sekarang Petani sangat antusias karena baru kali ini bagi patani ada yang bisa menjamin membeli panen yang dihasilkan." Ungkap Eeng.


"Kerjasama penanaman Bawor 9 dengan Food Station adalah contoh yang baik dalam membantu kesejahteraan petani melalui jaminan pasar bagi produk pertanian yg mereka hasilkan." tambahnya


Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta, Riyadi memberikan sambutan mewakili pemprov DKI Jakarta atas pencapaian yang dilakukan oleh Food Station dalam menjaga Pasokan Beras dan Inflasi di Jakarta.


"Dalam kegiatan ini, kami dari Pemprov DKI Jakarta sangat apresiasi inisiatif yang dilakukan Direksi Food Station Tjipinang Jaya dalam rangka kedepannya pasokan beras dan inflasi beras di Jakarta bisa dijaga." ucap Riyadi.


"Terkait dengan ini sebetulnya para petani di Indramayu ikut menjaga inflasi di Jakarta dan kalau Inflasi bisa jaga di tingkat yang baik dan rendah, ini bisa membantu pemerintah untuk menjaga stabilitas sosial. Jadi saya pikir petani Indramayu berpartisipasi dalam menjaga stabilitas sosial di jakarta."Lanjutnya.