Kunjungan Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian dan Chinese Academy of Agricultural Sciencies ke PT Food Station

Tim Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian dan Chinese Academy of Agricultural Sciencies melakukan kunjungan kerja ke PT Food Station Tjipinang, pada 25 November 2019.

 

Rombongan Chinese Academy of Agricultural Sciencies yang terdiri dari Prof. Xu Shiwei, Dr. Yu Wen, Dr. L Denghua didampingi oleh Tim Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian diterima langsung oleh Direktur Operasional PT Food Station Frans Tambunan.

 

Menurut Usman dari Pusdatin Kementan, kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk memperoleh data harga komoditas pertanian tahun 2019 dan kegiatan pengelolaan statistic data ekonomi pertanian di Pasar Induk Beras Cipinang yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti PT Food Station.

 

“Kami ingin mengetahui komoditas petanian di Pasar Induk Beras Cipinang yang dikelola oleh PT Food Stataion,” ujarnya.


Menanggapi hal tersebut, Frans Tambunan, menjelaskan sejarah berdirinya PT Food Station, peran dan fungsi BUMD, bisnis yang dikerjakan oleh Food Station dan bagaimana mengelola BUMD yang sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Daerah.

 

Frans mengatakan "Peranan BUMD Pangan seperti Food Station sangat strategis karena Jakarta tidak memiliki lahan pertanian, sehingga dibutuhkan BUMD Pangan untuk menjaga stabilitas pasokan dan stabilitas harga beras di DKI Jakarta" katanya.

 

Saat ini  PT Food Station menjalin kerja sama dengan GAPOKTAN ( Gabungan Kelompok Tani) maupun penggilingan padi di sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur guna menjamin pasokan beras.


Untuk mengendalikan harga bahan pangan PT Food Station  juga aktif dalam memperdagangkan beras, gula, dan minyak goreng bermerek “FS” dan diedarkan di pasar tradisional maupun pasar modern. katanya.

 

Setelah bertukar informasi, rombongan diajak melihat Gudang stok dan mesin pengolah beras yang dimiliki PT Food Station.