Pembahasan Ekspose Diagnostic Assesment Good Corporate Governance pada PT Food Station Tjipinang Jaya Tahun 2018

Pada bulan juli ini, Food station hadir dalam undangan BPKP ( Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) yang membahas permasalahan Penilaian Diagnostik Ekspos Tata Kelola Perusahaan yang baik.

 

 

Direktur Utama Arief Prasetyo Adi dan Direktur Keuangan Thomas Hadinata serta jajaran duduk bersama dengan Koordinator Pengawasan 2 Akuntan Negara Prakarsa Panastas Tambunan beserta jajaran. Dalam hal ini, Food Station sebagai Badan Usaha Milik Daerah yang berada dibawah naungan Pemprov DKI Jakarta juga berada dalam pengawasan BPKP.

 

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, atau yang disingkat BPKP, merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan yang berupa Audit, Konsultasi, Asistensi, Evaluasi, Pemberantasan KKN serta Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Hasil pengawasan keuangan dan pembangunan dilaporkan kepada Presiden selaku kepala pemerintahan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan kebijakan-kebijakan dalam menjalankan pemerintahan dan memenuhi kewajiban akuntabilitasnya. Hasil pengawasan BPKP juga diperlukan oleh para penyelenggara pemerintahan lainnya termasuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam pencapaian dan peningkatan kinerja instansi yang dipimpinnya.

 

Direktur Keuangan Food Station Thomas Hadinata memaparkan Profit & loss Food Station di 2018. Tidak hanya itu, Thomas menjelaskan executive summary yang dilakukan Food Station selama 2018 lalu.

 

"Pencapaian kami di 2018 itu senilai 1,6 trilliun, untuk tahun ini target naik senilai 2 trilliun di 2019. Maka dengan pencapaian itu, kami bisa memulai tata kelola perusahaan yang baik. Dari segi keuangan kami tanamkan intergritas yang tinggi, pembangunan pun sudah kami lakukan dan kami sekarang sedang dalam proses pembangunan pasar induk beras cipinang." Ungkap Thomas.

 

Arief mengungkapkan, "kami mengharapkan bimbingannya supaya kami bisa mengikuti alur proses pemeriksaan dari tim BPKP. Food Station akan berusaha selalu kooperatif membantu proses apa saja data yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan."

 

Rencananya setelah izin surat tugas untuk audit, Konsultasi, Asistensi, Evaluasi, Pemberantasan KKN disetujui, maka BPKP akan melakukan pemeriksaan kepada Food Station