Food Station Hadiri Penyerahan Kartu Dasa Wisma di PKK Melati Jaya

PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Provinsi DKI Jakarta, diwakili oleh Sekertarais Perusahaan Suratmin Suria Wijaya, turut hadir dalam acara Penyerahan Kartu Dasa Wisma di PKK Melati Jaya di Gedung PKK Melati Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

 

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kartu untuk para Pengurus Dasa Wisma di Gedung PKK Melati Jaya. Pemberian kartu tersebut merupakan program pendataan keluarga terpadu satu pintu.

 

Kartu untuk dasa wisma berbentuk ATM Bank DKI. Anies pun terlihat melakukan simulasi di mesin ATM Bank DKI untuk mengambil uang.

 

Dasa Wisma sendiri merupakan kelompok ibu-ibu yang terdiri dari 10-20 kepala keluarga (KK) yang bertetangga untuk mempermudah berjalannya suatu program. Dasa Wisma ada di setiap RT, salah satu kegiatan dasa wisma yakni meningkatkan kesehatan keluarga.

 

"Jadi program-program di DKI harus mencerminkan kenyataan kondisi masyarakatnya," kata Anies di Gedung PKK Melati Jaya.

Anies mengatakan jumlah dasa wisma di DKI sekitar 70.900 orang yang berada di setiap RT. Mereka juga mengetahui kondisi seluruh kondisi keluarganya.

 

"Dasa wisma PKK mereka berada di seluruh wilayah, jumlahnya 70.900 orang lebih mereka ada di setiap RT/RW, mereka tahu persis kondisi tiap-tiap keluarga," jelas dia.

 

Menurut Anies, saat ini para dasa wisma akan diberikan tugas untuk melakukan pendataan melalui kuesioner. Dari pendataan itu akan diketahui kondisi rumah hingga kesehatan.

 

"Nantinya kita akan punya informasi lengkap sampai misalnya rumah tangga mana saja yang tidak punya (tempat) MCK (mandi cuci kakus), sampai siapa saja kondisinya yang sedang mengandung (hamil, red) dan lain-lain, sehingga program yang kita buat sesuai dengan kenyataan yang ada," ucap Anies.

 

Dia berharap hasil data lengkap itu akan bisa dijangkau oleh para dinas Pemprov DKI seperti Dinsos, hingga Dinkes. Sehingga para dinas Pemprov mempunyai rujukan keluarga dasa wisma PKK.

 

"Jadi nantinya semua program kita yang berujung kepada keluarga baik dari Dinsos, Disdik, Dinkes, dan lainnya, mereka bermitra dengan PKK dan PKK yang langsung bergerak ke masyarakat dengan begitu masyarakat pun memiliki orang-orang yang menjadi rujukan yaitu dasa wisma PKK," tuturnya