Penjajakan Kerjasama Food Station dengan Bumi Laras Hijau Guna Memasok Beras Organik

PT Food Station Tjipinang Jaya melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Bumi Laras Hijau guna memasok penyediaan kebutuhan Beras Organik.

Kerja sama ini dilanjutkan dengan survey Penggilingan dan Lahan Organik Bumi Laras Hijau, Sragen, Jawa Tengah, Rabu (10/04).

 

 

Kunjungan kerja sama ini dalam rangka memasok beras organik sekaligus survey lahan beras organik Bumi Laras Hijau.

 

Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia.

 

Sedangkan proses organik adalah budidaya di tanah yang ramah lingkungan, tidak menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Proses ini akan menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem di dalamnya.

 

Direktur Operasional Frans M. Tambunan mengatakan, "Kami sangat tertarik dengan beras organik karena proses budidaya beras organik dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati. Untuk pemberantasan hama menggunakan pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan dan buah-buahan yang difermentasikan secara alami. Penanaman beras organik juga dapat menghasilkan 11,75 ton/ hektarnya". Ungkap Frans.

 

"Proses organik dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. Proses organik juga dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT)." Ungkap Ferry Fardiansyah Kepala Bagian Pengadaan.

 

Plt pengadaan Laras Kulsum Ramadhiany menambahkan "Beras organik dihasilkan dari padi jenis lokal (non transgenik), dibudidayakan tanpa pestisida, Menggunakan pupuk organik, menggunakan air yang tidak tercemar, Diproses tanpa poles (tanpa bahan pengawet)".

 

Jika dibandingkan dengan beras non organik, beras organik memiliki beberapa kelebihan di antaranya saat dimasak beras organik terasa lebih pulen, nasi tidak cepat basi, tahan hingga 24 jam, volume lebih banyak dibandingkan dengan beras non organik.

 

Selain memiliki beberapa keunggulan di atas, mengkonsumsi beras organik akan memberi manfaat bagi tubuh, antara lain dengan mengkonsumsi beras organik akan mengurangi kadar urea dalam darah yang selama ini telah menumpuk karena kebiasaan mengkonsumsi beras yang dipupuk dengan urea. Dapat mengurangi kadar logam berat dalam darah karena penggunaan insektisida kimiawi. Hal inilah yang dapat mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit berbahaya yang pada dasa warsa terakhir banyak diderita oleh masyarakat.

 

Beras organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dan sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.