Food Station Support Beras Operasi Pasar di Perum BULOG

PT Food Station Tjipinang Jaya hadiri dalam pelepasan Operasi Pasar yang di laksanakan oleh Perum Bulog, di Gudang Bulog DKI-Banten, Jakarta Utara, Kamis (10/1/2019).    

 

Bulog mengintruksikan kepada seluruh divre untuk melaksakan kegiatan operasi pasar dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) beras medium.

 

Ada 112 truk beras yang akan dipasok ke daerah-daerah yang bukan merupakan sentra panen di seluruh Indonesia melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta BUMD termasuk Food Station dan Pasar Jaya selaku BUMD Pangan Pemprov DKI Jakarta.

 

Bulog juga bekerja sama dengan satgas pangan Polri untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan KPSH beras medium ini guna menghindari penyimpangan di lapangan.

 

"Sesuai dengan keputusan Ratas (rapat terbatas), perkembangan harga beras yang mengalami trend kenaikan jelang awal tahun 2019, Pemerintah menugaskan Bulog untuk melakukan intervensi pasar secara massive melalui kegiatan OP-CBP selama 3 bulan kedepan dimulai dari bulan Januari 2019," ujar Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, Realisasi kegiatan KPSH pada tahun 2018 mencapai 544.649 ton, merupakan angka realisasi operasi pasar beras CBP tertinggi selama 10 tahun terakhir.

 

Khusus Bulog divre DKI Jakarta dan Banten realisasi KPSH tahun 2018 sebesar 64.668 ton.

 

Realisasi KPSH di tahun 2019, hingga saat ini sebesar 37.017 ton dengan rata-rata realisasi per hari sebesar 7.000-8.000 ton dan akan terus ditingkatkan dengan target 15.000 ton per hari.

 

Realisasi KPSH tahun 2019 Bulog hingga saat ini sebesar 8.573 ton yang dilaksanakan di 44 pasar termasuk didalamnya pasar pencatatan BPS di Jakarta.

 

“Kami sadar, bahwa keberhasilan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di setiap daerah akan tercipta bila dilakukan secara bersama dengan dukungan seluruh pihak, terutama dari pemerintah daerah, dinas terkait, aparat terkait dan para pelaku pasar,” kata Budi Waseso.


Direktur Utama Food Station, Arief Prasetyo Adi mengatakan "Food Station menjadi mintra Perum BULOG untuk mendistrubusikan Beras Medium Bulog. Dengan sinergi ini untuk menstabilkan pasokan beras saat musim paceklik." ucap Arief.