PT Food Station Terima Kunjungan Mahasiswa Agribisnis Unpad

PT Food Station Tjipinang Jaya menerima kunjungan atau company visit dari mahasiswa jurusan agribisnis, Fakultas Pertanian, Unversitas Padjadjaran (Unpad), Jawa Barat, pada 8 Mei 2018.


Kunjungan ini diterima Direktur Operasional Frans M. Tambunan, Sekretaris Perusahaan Suratmin Suria Widjaya, Kepala Pasar Endang Sundhara, serta Kepala Bagian Personalia Yusuf.

 

Ketua rombongan mahasiswa yang juga dosen, Tomy Perdana mengatakan, kunjungan mereka kali ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih jauh mengenai distribusi maupun pasokan beras, serta pengelolaan Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

 

Frans M. Tambunan mengatakan, melalui kunjungan ini PT Food Station dapat berbagi mengenai konsep pengelolaan BUMD sehingga daerah lain dapat memiliki serta mengadopsinya.

 

“Kami juga bisa menerima masukan dari rekan-rekan mahasiswa maupun akademisi untuk menjaga ketahanan pangan di Jakarta,” kata Frans.

 

Sementara itu, Suratmin menjelaskan, saat ini peranan BUMD PT Food Station sangat penting sebagai ujung tombak pengendalian harga beras di DKI Jakarta.

 

“Jakarta memiliki ketergantungan pangan yang tinggi terhadap daerah lain karena Jakarta bukan daerah produsen,” kata Suratmin.

 

Karena itu, kata Suratmin, PT Food Station saat ini bekerja mulai dari hulu dengan melakukan kontrak farming dan Perdagangan antar Daerah untuk menyediakan kebutuhan beras DKI Jakarta.


Selaku pengelola tunggal PIBC, kata Suratmin, PT Food Station menjalin kerja sama dengan daerah-daerah produsen beras guna menjaga stabilitas pasokan, harga, maupun stok beras untuk kebutuhan warga DKI Jakarta.

 

Sebagai barometer perberasan nasional, ujarnya, PT Food Station mengemban amanat untuk menjaga stabilitas pasokan, stok, maupun harga beras di ibukota.

“Ketahanan pangan DKI Jakarta didukung oleh sejumlah BUMD bidang pangan, antara lain PT Food Station dan dan PD Dharma Jaya bermain di hulu sedangkan PD Pasar Jaya di hilirnya,” katanya.

 

Guna menjaga stabilitas harga, ujarnya, PT Food Station secara berkala menggelar program pasar murah setiap harinya di tiga-empat kelurahan berbeda.


Bila harga melonjak, PT Food Station menggelar operasi pasar (OP) guna menetralisasikan kembali harga-harga.

 

Saat ini, ujarnya, salah satu yang dikerjakan oleh PT Food Station adalah menyediakan beras untuk kebutuhan beras PNS DKI dan beras serta telur untuk pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP).