PT Food Station Hadiri Pelepasan Operasi Pasar Beras di Bulog

PT Food Station Tjipinang Jaya menghadiri acara pelepasan Operasi Pasar (OP) beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 9 Januari 2018.


Pelepasan yang juga sekaligus pertanda dimulainya OP tersebut dilakukan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita bersama Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusmayakti.


Pelepasan operasi pasar (OP) untuk beras ini dimaksudkan menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok masyarakat, khususnya beras jenis medium, yang akhir-akhir cenderung mengalami kenaikan harga.


ā€œPemerintah terus berupaya menjaga ketersediaan pasokan beras di pasar-pasar sehingga harga tetap stabil dan meminimalisasi kenaikan harga di tingkat konsumen melalui operasi pasar beras. Pelepasan OP beras diawali di 10 pasar di wilayah DKI Jakarta dan diikuti secara serentak di seluruh wilayah Indonesia hingga akhir Maret 2018,ā€ kata Mendag Enggartiasto Lukita.

 

Enggar menjelaskan, dari hasil pantauan di pasar-pasar di seluruh Indonesia, masih terjadi sedikit kenaikan harga beras secara kontinyu hingga memasuki awal panen raya pada bulan Maret. Harga rata-rata beras medium secara nasional saat ini masih berada di atas ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras Medium.


Kendati begitu, ujarnya, stok beras di gudang-gudang Bulog masih aman. Kemendag juga telah berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk mengantisipasi kenaikan harga beras dengan melakukan OP di seluruh Indonesia.


Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengatakan siap mendukung dan menyukseskan program OP yang dilakukan Kementerian Perdagangan dan Bulog.


Menurut Arief, program OP ini menunjukkan bahwa negara hadir dalam menjaga stabilitas pasokan maupun harga barang kebutuhan pokok khususnya beras.


Ia menambahkan, sejak Oktober 2017 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Food Station juga menggelar OP guna menjaga stabilitas harga, stok, maupun pasokan beras untuk kebutuhan warga DKI Jakarta.