Sidak Pasar Induk Cipinang, Mentan Temukan Beras di Harga Rp7.800/Kg

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan sidak ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur. Hasilnya, ada beras di central beras yang harganya di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah beberapa waktu lalu.

 

 

Amran tiba di Pasar Induk Beras Cipinang sekira pukul 12.00 WIB. Ia langsung memasuki Kantor Food Station Tjipinang Jaya. Sekira pukul 13.00 WIB Amran keluar didampingi Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo dan langsung menuju ke Pasar Induk.

 

"Kami ingin memastikan HET yang diterapkan pemerintah sejauh mana efektifnya. Pada saat HET untuk beras medium Rp9.050 per kg, sekarang ada harga beras Rp7.800 per kg. Ini menunjukkan bahwa pemberlakuan HET cukup efektif," tuturnya di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (4/12/2017).

 

Selain cek harga, Amran mengaku, ingin mengetahui berapa jumlah stok beras yang masuk ke pasar yang menjadi barometer nasional ini. Hal ini terkait banyaknya bencara banjir di daerah-daerah.

 

"Saya cek langsung apa suplai masuk ke Cipinang posisi aman. Sampai jam 07.00 beras masuk 3.493 ton, itu normal. Diperkirakan sampai 00.00 beras bisa masuk 4-5 ribu ton,"tuturnya.

 

Melalui sidaknya ini, Amran memastikan bahwa posisi beras Indonesia saat ini berada dalam keadaan aman. Bahkan, suplai beras ke Pasar Induk Beras Cipinang bisa diteruskan ke daerah lainnya.

 

"Ini karena Cipinang jadi barometer pergerakan di Indonesia ini bisa suplai sampai ke Sumatera,"tandasnya.

 

(Okezone.com)