Stok Beras di Pasar Cipinang Diklaim Masih Aman

PT Food Station Tjipinang Jaya mengklaim stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) masih aman. Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi mengatakan, persediaan beras hingga 4 Desember sekitar 37.000 ton. Angka tersebut di atas angka minimum stok yang sebanyak 30.000 ton.

 

 

Minggu sebelumnya, stok beras di PIBC bisa mencapai di atas 40.000 ton. Arief mengatakan, penurunan stok ini merupakan akibat dari libur nasional. "Jumat libur nasional, dilanjut Sabtu dan Minggu. Hari ini dan ke depan, akan kami tingkatkan lagi," ujar Arief kepada Kontan.co.id, Senin (4/11).

 

Arief menambahkan, hingga saat ini masih ada beras jenis medium dengan harga Rp 7.800 per kg, atau Rp 6.240 per liter. Harga ini masih berada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar Rp 9.450 per kg.

 

Sementara itu, Arief pun mengatakan, Food Station sebagai Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta yang ditetapkan sebagai pengelola tunggal PIBC, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan seluruh pihak yang bersangkutan berkomitmen untuk menjaga stok dan harga beras di PIBC.

 

"Hal ini karena PIBC sebagai barometer perberasan nasional," ujar Arief.

 

(Kontan)