AS Dukung India dalam Program Cadangan Pangan

Amerika Serikat (AS) memberikan dukungan pada India terkait program cadangan pangan, yang sebelumnya memicu perdebatan dan mengakibatkan tertundanya ratifikasi kesepakatan WTO, pada Juli lalu.

 

Dilansir dari Reuters, beberapa waktu lalu, setelah kesepakatan dengan Washington, India akan menarik veto atas perjanjian tarif cukai. Seluruh anggota WTO dari 160 negara menyetujui reformasi cukai pada Desember 2013 di Bali.

 

Mereka juga setuju mencari solusi permanen untuk melindungi program keamanan pangan seperti yang dilakukan India. Tapi pada Juli lalu, India menyampaikan keberatannya bahwa WTO dan negara-negara anggota lain tidak memperlihatkan komitmen.

 

Saat ini India menerapkan subsidi pada petani, dengan menjamin pembelian produk pertanian oleh pemerintah di atas harga pasar. Gandum dan beras akan digunakan untuk menjaga cadangan pangan dan dijual dengan harga yang disubsidi oleh pemerintah.

 

Pada Agustus lalu, parlemen India sepakat untuk meningkatkan program subsidi bagi petani dalam jumlah yang signifikan. Banyak negara khawatir subsidi pangan di India akan mengganggu harga di pasar internasional.

 

Pada kesepakatan dengan AS, Selasa, 12 November, India mendapatkan komitmen dari Washington untuk melindungi kebijakan pembelian dan distribusi pangan, dari semua negara yang keberatan. Tidak disebutkan apa konsesi yang diberikan India untuk dukungan itu. (Viva.co.id)