Beras Krayan Kalimantan Jadi Favorit Sultan Brunei

Beras Krayan yang hanya diproduksi di Kalimantan nampaknya menjadi makanan favorit Sultan Brunei Darussalam, Hasanal Bolkiah. Namun, sayangnya beras tersebut masih belum mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah.

 


"Tolong dicek lagi, kalau tidak salah patennya diambil negara lain Malaysia. Produksinya di Indonesia," kata Guru Besar Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Bambang Laksmono saat diskusi "Pekerjaan Rumah Menteri Pertanian era Jokowi-JK" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Minggu (2/11/2014).

 

Beras yang tipe ketan ini pun disinyalir mampu menggugah lidah orang nomor satu di Brunei Darussalam tersebut. Bahkan, Sultan Hasanal Bolkiah ini tidak ingin mengonsumsi beras selain beras Krayan. "Kenapa tidak beri perhatian ke unggulan produk lokal yang punya nilai jual. punya merek. perhatian dari hulu sampai hilir," tambahnya.

 

Bambang mengungkapkan, masyarakat Kalimantan Utara yang langsung memproduksi beras Krayan itu pun merasa harus diperhatikan lebih. Sebab, produk tersebut memiliki manfaat yang banyak.

 

Oleh karena itu, Bambang meminta pemerintah tidak hanya memikirkan soal ekspornya saja terhadap produksi beras krayan di Kalimantan Utara tersebut. Melainkan diberikan brand dan difasilitasi dengan baik.

 

"Padahal itu produksi di negara kita, kenapa kita tidak memberikan perhatian kepada produksi kita yang memiliki brand sudah baik, masyarakat Kalimantan itu selalu berpendapat kenapa kita selalu ekspor," tutupnya. (Okezone.com)