Kemtan Perkuat Kerjasama Pertanian dengan 5 Negara

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman telah menerima lima duta besar (dubes) negara sahabat di Kantornya, beberapa waktu lalu. Mereka adalah dubes Libya, Spanyol, Argentina, Iran dan Sri Lanka. Dalam pertemuan ini, dibahas mengenai upaya-upaya penguatan kerjasama pertanian, perdagangan komoditas pertanian, dan investasi.

 

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Inovasi Teknologi Pertanian, Mat Syukur yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, Dubes Libya dan Iran secara khusus menyampaikan apresiasi atas upaya Indonesia dalam mewujudkan kedaulatan pangan bagi 250 juta penduduk. "Mereka mengapresiasi upaya peningkatan produksi dan produktivitas serta pengendalian impor," ujar Mat Syukur.

 

Sementara itu, ia menjelaskan, Dubes Libya juga menawarkan kerja sama investasi bidang pertanian, dan merencanakan misi bisnis ke Indonesia setelah bulan ramadhan untuk membahas konsep kerja sama investasi yang lebih konkrit.

 

Dubes Iran juga menyampaikan pengalamannya dalam upaya mencapai swasembada pangan, dan menawarkan kerja sama dalam bentuk pertukaran pengalaman dalam pembangunan pertanian. Dubes Iran juga mendukung usulan Mentan RI untuk dapat melaksanakan Joint Steering Committee (JSC) dalam waktu dekat untuk membahas rencana konkrit kerja sama pertanian kedua negara.

 

Adapun Dubes Sri Lanka secara eksplisit menyampaikan keinginannya untuk belajar dari pengalaman Indonesia.

Dubes Sri Lanka menawarkan kerja sama dalam bentuk pengembangan “Stok Pangan Bersama”, bagi masyarakat Sri Lanka dan Indonesia.

 

Dubes Sri Lanka juga mengharapkan agar Indonesia dapat membantu pengembangan varietas padi yang tahan terhadap kekeringan.

 

(Kontan)