Negara Produsen Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Jakarta, - Tidak bisa dipungkiri jika pada umumnya beras merupakan makanan pokok bagi sebagian masyarakat dunia. Bahkan, dengan cap sebagai makanan tertua, beras tercatat memiliki 40 ribu jenis.

 

Dilansir Food and Wine, orang Prancis hampir tidak makan nasi sama sekali, hanya 10 pon atau 4,5 kilogram setiap tahun. Sementara Amerika makan lebih dari 20 pon atau 9 kg nasi setiap tahun.

 

 

Angka itu sangat kecil dibandingkan orang-orang Asia yang mengonsumsi 300 pon atau 136 Kg. Bahkan, warga Uni Emirat Arab mengonsumsi 450 pon atau 204,1 Kg beras per tahun.

 

Nah, tahukah kamu kalau Asia memproduksi dan mengonsumsi 90 persen beras dunia yang dilansir dari Mobile Cuisine.

Nah berikut ini enam negara penghasil beras terbesar di dunia:

 

1. Thailand

World Atlas melaporkan pada 2018/19, Thailand memproduksi 20,34 juta metrik ton beras giling. Thailand juga mengekspor antara 7-8 juta ton beras pada tahun 2020. Produksi beras Thailand bahkan menyumbang sekitar 15 persen dari PDB pertanian Thailand.

Oh ya, Thailand juga terkenal dengan beras melati, yang populer di seluruh dunia karena rasa lengket dan aromanya yang khas. Selain itu, Thailand mengekspor sekitar 100 ribu ton berasnya ke Jepang yang digunakan untuk membuat kerupuk dan anggur.

 

2. Vietnam

Sekitar 82 persen lahan subur di Vietnam digunakan untuk menanam padi di delta kaya Mekong dan Sungai Merah di utara dan selatan negara itu.

Pada 2018/19 Vietnam memproduksi 27,77 juta metrik ton beras dan mengekspor 6,6 juta metrik ton ke Filipina, China, dan beberapa negara di Afrika.

 

3. Bangladesh

Produksi beras giling Bangladesh pada 2018/19 diperkirakan mencapai 34,91 juta ton. Sektor beras menyumbang setengah dari PDB pertanian dan seperenam dari pendapatan nasional Bangladesh.

Bangladesh mengekspor berasnya ke negara-negara di seluruh dunia.

 

4. Indonesia

Indonesia adalah penghasil beras terbesar ketiga di dunia. Produksi benih sebagian besar terjadi di pulau Jawa dan Sumatera, dengan hampir 60 persen produksi berasal dari Sumatera saja.

Padi ditanam oleh sekitar 77 persen dari semua petani. Pada 2018/19, Indonesia menghasilkan 36,70 juta metrik ton beras. Fakta menarik lainnya, 90 persen produksi beras Indonesia berasal dari pertanian rakyat.

 

5. India

Pada 2018/19, total produksi beras India melebihi 116 juta metrik ton dengan Benggala Barat adalah negara penghasil beras terbesar di India.

Pada 2016, negara memproduksi 15,75 juta ton beras di atas lahan pertanian seluas 5,46 juta hektare. India adalah pengekspor beras Basmati terbesar di dunia, dengan 4,4 juta ton diekspor pada 2018-19.

India juga merupakan negara konsumen beras terbesar kedua, dengan perkiraan konsumsi 100 juta metrik ton beras setiap tahun. Lebih dari 65 perseb penduduk India makan beras dan produksi beras adalah sumber pendapatan utama dan lapangan kerja bagi lebih dari 50 juta orang.

 

6. Tiongkok

Tiongkok adalah penghasil beras terbesar di dunia dan merupakan negara pertama di dunia yang berhasil menghasilkan padi hibrida, yang dibudidayakan dari dua jenis tanaman yang berbeda.

Pada 2018/2019, Tiongkok menghasilkan lebih dari 148 juta metrik ton beras giling. Tanaman ini terutama tumbuh di provinsi seperti Jiangsu, Anhui, Hubei, dan Sichuan di tepi Sungai Yangtze, di mana hampir 95 persen beras Tiongkok ditanam menggunakan metode tradisional.

 

Oh ya, sekitar 65 persen penduduk Tiongkok mengonsumsi beras sebagai makanan pokok.

 

IDNTimes