Mentan Lepas Ekspor 16 Kontainer Produk Olahan Ayam

Jakarta, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas 16 truk kontainer siap ekspor berisi produk olahan ayam, griller & pakan ayam dari perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk di Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (24/11/2019).


"Pelepasan ekspor produk olahan unggas dan ternak hasil produk ini membanggakan kita semua. Ini yang diminta Presiden, jangan terlalu banyak bicara impor lagi, kapan ekspornya," ujar Syahrul Yasin Limpo saat melepas truk kontainer siap ekspor ke Jepang dan Timor Leste, Minggu (24/11/2019).


Ia menyebutkan Indonesia dengan iklim tropis yang berlimpah sinar matahari, maka secara geografis diuntungkan dalam produksi pangan.


"Negara kita negara besar, negara tropis yang memiliki energi berlimpah untuk mengembangkan sumber daya pertanian. Tantangan kita juga besar yakni mencukupi kebutuhan pangan 267 juta penduduk di seluruh Indonesia dengan pertumbuhan penduduk mencapai 3 juta setiap tahunnya," tambah Syahrul Yasin Limpo.


Ia berharap agar perusahaan sejenis di bidang pangan, pertanian, dan perdagangan bisa meniru langkah ekspor dengan mencari peluang pasar di luar negeri.


"Kalau bisa perusahaan Pokphand ini bisa ganti nama menjadi nama Indonesia. Agar kita tidak tertinggal dengan Malaysia dan negara lainnya di Asia. Kuantitas dan kualitas harus kita siapkan agar produk kita sekompetitif mungkin. Jika ekspor meningkat maka bisa menjadi cadangan devisa dan prosesnya juga dapat membuka lapangan pekerjaan," kata Syahrul Yasin Limpo yang sudah mencanangkan gerakan ekspor tiga kali lipat itu.


(beritasatu.com)