Canggihnya Teknologi Budidaya Padi di Amerika

Selain di Asia, sentra padi juga terdapat di Amerika Serikat. Bahkan, di Negara Paman Sam tersebut sudah menerapkan budidaya padi dengan teknologi canggih, seperti komputer, peralatan berat (termasuk traktor), teknologi laser, bioteknologi dan rekayasa genetika. 


Secara umum ada 6 negara bagian yang menjadi tulang punggung produksi padi di Amerika Serikat (AS), yakni Arkansas, California, Louisiana, Mississippi, Missouri dan Texas. Lebih dari 100 varietas padi komersial diproduksi di AS, dan lebih dari 90 persen beras yang dikonsumsi warga Amerika ditanam oleh petani setempat.

 

Mayoritas pemanfaatan beras dalam negeri AS adalah untuk makanan langsung (58 persen), sedangkan 16 persen digunakan untuk makanan olahan dan bir, serta 10 persen untuk makanan ternak.


Hebatnya, Amerika juga telah mengekspor beras ke lebih dari 100 negara, menjadikan negara ini salah satu eksportir penting beras di dunia. Secara statistik, Amerika menguasai perdagangan beras dunia sekitar 12 persen.


Tata kelola lahan pertanian yang baik didukung regulasi pemerintah, sumberdaya dan teknologi yang memadai membuat negara ini berjaya di sektor pertanian. Bukan hanya kedelai dan jagung yang menjadi komoditas ekspor unggulan Amerika, melainkan juga beras.


Dengan menggunakan teknologi tinggi, produksi padi di Amerika dilakukan besar-besaran. Untuk satu keluarga petani saja, bisa menggarap ratusan hektar di satu lokasi. Tidak seperti di negeri kita yang melibatkan banyak orang dalam membudidaya padi, di Amerika pekerjaan-pekerjaan tersebut diambil alih oleh mesin-mesin canggih.


Sebagai contoh, panen padi 100 hektar dikerjakan menggunakan mesin traktor besar dan cukup dikendalikan oleh dua atau tiga orang saja. (Wartaagro.com)