USDA: Indonesia Masih Akan Impor Beras Pada 2016

Lembaga pangan internasional memprediksi Indonesia belum akan terlepas dari cengkraman impor beras pada tahun ini. Lembaga-lembaga tersebut bahkan memprediksi impor beras Indonesia meningkat pada 2016. 

 

Dalam laporan bertajuk Rice Market Outlook yang dipublikasikan US Department of Agriculture (USDA) pada akhir pekan lalu, diungkapkan bahwa Indonesia diprediksi masih akan mengimpor beras hingga total 2 juta ton selama 2016.

 

Laporan tersebut mengungkapkan Indonesia dan Filipina merupakan dua negara di Asia Tenggara yang realisasi impor berasnya akan meningkat tahun ini. Adapun, total impor beras tersebut juga termasuk beras industri yang rata-rata diimpor Indonesia sekitar 50.000-100.000 ton per tahun.

 

USDA memprediksi kendati luasan tanam padi Indonesia akan bertambah dan konsumsi per kapita masyarakat akan beras cenderung menurun, impor akan tetap dilakukan untuk pengamanan stok beras dalam negeri.

 

Lembaga tersebut menggarisbawahi sejumlah negara pun telah memiliki kesepakatan resmi untuk mengekspor beras ke Indonesia seperti Thailn dan Vietnam. Adapula Pakistan, yang optimistis dalam watu dekat akan mengekspor berasnya ke Indonesia.

 

Adapun, proyeksi impor 2 juta ton tersebut telah termasuk beras dari Thailand dan Vietnam yang belum direalisasikan secara penuh oleh Perum Bulog. USDA memperhitungkan total realisasi impor 2 juta ton tersebut berdasarkan jadwal pengapalan dari Thailand dan Vietnam. (Bisnis.com)

 

http://industri.bisnis.com/read/20160120/99/511113/usda-indonesia-masih-akan-impor-beras-pada-2016