Perancis-Belanda Bangun Greenhouse Khusus Tomat Seluas 17 Hektar

Patungan antara perusahaan Perancis dan Belanda saat ini tengah menggelontorkan dana sebesar 40 juta Euro (sekitar Rp 652 milyar) untuk membangun greenhouse khusus tomat seluas 17 hektar di selatan Propinsi Normandy, Perancis. Greenhouse tersebut mulai dibangun sejak akhir April dan ditargetkan rampung pada pertengahan Agustus mendatang.

 

 

Proyek pembangunan greenhouse khusus tomat ini merupakan proyek ambisius. Dirilis dari kanal France Info, salah satu pengusaha asal Perancis mengatakan bahwa greenhouse seluas 24 kali lapangan sepak bola itu akan menjadi greenhouse terluas yang dikhususkan untuk menanam tomat.

 

Sebelumnya sudah ada model greenhouse sejenis di Toulouse, kota terbesar ke-empat di Perancis. Hanya saja greenhouse tersebut tidak hanya ditanami tomat, tapi juga buah-buahan yang lain.

 

Persamaannya, kedua greenhouse ini dijamin tanpa pestisida kimia serta dikembangbiakkan kawanan lebah di dalamnya. Fungsi kawanan lebah itu adalah untuk membantu penyerbukan secara alami.

 

Greenhouse tersebut ditargetkan mampu meningkatkan produksi tomat di Perancis hingga 500 ribu ton. Ada pun varietas tomat yang dibudidayakan bermacam-macam.

 

Diperkirakan greenhouse khusus tomat ini akan mempekerjakan sekitar 110 orang. Sedangkan greenhouse akan mulai berproduksi pada musim gugur tahun ini.

 

(Pomidor.id)