Bibit Bawang Putih yang Disegel Kemendag Diimpor dari China

Kementerian Perdagangan menyegel bibit bawang putih impor di Komplek Pergudangan Distribution Center, Jakarta Utara. Penyegelan dilakukan lantaran bibit tersebut dijual bebas sebagai bawang konsumsi, padahal izin dalam surat masuk bibit bawang putih tersebut seharusnya berlaku untuk tanam.

 

Direktur Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Veri Anggriono menjelaskan, bibit bawang putih impor ini merupakan bibit dari Negara China.

 

"(Bibit bawang putih ilegal) dari China," kata dia, saat menuju lokasi Pergudangan Bibit Bawang Putih ilegal di Komplek Pergudangan Distribution Center, Jakarta Utara, Senin (12/3/2018)

 

Dirinya menjelaskan, temuan bibit bawang putih langsung disegel Kemendag dari temuannya di Pasar Kramat Jati. Veri mengatakan meski temuannya tidak banyak, namun Kemendag menyegel sekitar 5 ton bibit bawang putih.

"Nanti kita coba lihat hasilnya. Yang kita temukan di Kramat Jati ini tidak terlalu banyak 5 ton. Kita nggak enak kok di pasar ada segel- segel. Jadi kami amankan di gudang," ujar dia.

 

 

Veri menjelaskan 5 ton bibit bawang putih yang diamankan tersebut merupakan bagian dari isi 8 kontainer yang masuk ke Indonesia.

 

"Dari 8 kontainer yang masuk menurut informasi kontainer- kontainer tersebut dibawa (tersebar) ke Sumatera Utara, Malang dan beberapa daerah lain. Di lebel itu ada lebel benih bibit kita dapati dijual di pasar. Memang sedikit perbedaannya antara bibit dan bawang putih," jelas dia.

 

(detik.com)