Pemerintah Rusia Serahkan RUU Standarisasi Produk Organik

Pemerintah Federasi Rusia baru-baru ini menyerahkan Rancangan Undang-Undang yang mengatur tentang standarisasi produk organik kepada parlemen (Duma). Produk-produk organik yang distandarisasi di antaranya adalah yang meniadakan penggunaan pestisida kimia, pupuk sintetis, pengatur hormon pertumbuhan, pewarna dan perasa tambahan untuk makanan, serta produk hasil rekayasa genetika (GMO).

 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar produk-produk organik di Rusia berkembang pesat. Karena itu diperlukan regulasi yang mengatur tentang standarisasi produk organik. Apalagi teknologi yang digunakan untuk pertanian dewasa ini secara substansial berbeda jauh dengan teknologi pertanian tradisional.

 

RUU tersebut nantinya akan mengatur produksi pertanian, baik itu tanaman maupun ternak. Kemudian juga akan diatur pula mengenai makanan olahan, baik itu untuk makanan manusia dan makanan ternak, serta tanaman dan pembibitan.

 

RUU akan secara khusus mengenalkan konsep organik, produksi organik dan produsen produk-produk organik. Registrasi untuk para produsen produk-produk organik harus dilakukan dalam sistem standarisasi yang berlaku secara nasional. RUU juga menetapkan persyaratan menggunakan gambar grafis (label) untuk setiap produk organik.

 

“Setelah disahkan menjadi Undang-Undang, hal ini akan menciptakan kepastian hukum untuk pengembangan pertanian organik di Rusia,” demikian rilis pernyataan Menteri Pertanian Rusia, Alexander Tkachev.

 

Sementara itu, komunitas pelaku dan produsen pertanian organik di Rusia menyambut positif rencana pemerintah tersebut.

 

“Undang-Undang tentang pertanian organik akan membuat para produsen lebih teliti dan hati-hati sebelum melepas produknya ke masyarakat. Sedang dari sisi konsumen, mereka mendapat jaminan bahwa mereka membeli produk organik yang berkualitas. Kebijakan ini juga membantu kita selangkah lebih dekat untuk menjadi penghasil dan pengekspor produk organik terbesar di dunia,” ujar Sergei Korshunov, Ketua Dewan Persatuan Pertanian Organik Rusia.

 

(Pomidor.id)