Penduduk Irak sambut Ramadhan di bawah ancaman krisis pangan

KONTAN.CO.ID - BAGHDAD. Bulan Ramadhan di negara Islam seperti Irak jelas jadi momen yang sangat penting. Sayangnya, tahun ini kondisi perekonomian Irak membuat rakyatnya berada di bayang-bayang krisis pangan.

Dihadapkan dengan kenaikan harga yang tajam, penurunan daya beli dinar dan meningkatnya pengangguran, warga Irak memasuki bulan puasa Ramadhan dengan perasaan takut.

Stok Beras saat Ramadhan hingga Lebaran di Jatim Dipastikan Aman

Surabaya - Stok beras di Jatim saat bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri nanti dipastikan aman. Bahkan, stok beras di gudang bulog cukup hingga akhir tahun nanti.

 

Kepala Bidang Operasi dan Pelayanan Pabrik, Bulog Divre Jatim, Dedi Apriliadi mengatakan stok beras saat ini mencapai 321 ribu ton.

Masuki Ramadan, Ada ATM Beras untuk Warga Miskin di Jombang

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melaunching ATM beras di Masjid Baitul Mukminin, Alun-alun setempat, Senin (12/4/2021).

 

Anjungan tersebut merupakan mesin penyedia beras gratis bagi kaum fuqara dan dhuafa.

Dalam program tersebut, Pemkab Jombang menggandeng Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Jombang. Warga yang sudah terdata di Baznas bisa mengambil beras tersebut secara gratis sebanyak 5 liter. Pengambilan di mesin tersebut menggunakan kartua Baznas atau KTP.

Antisipasi Gagal Panen, Kementan Ajak Petani OKU Timur Manfaatkan Asuransi

Suara.com - Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo mengajak para petani di Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan untuk memanfaatkan asuransi pertanian merespon ancaman gagal panen karena kemunculan hama tikus.

 

"Kenapa harus mengasuransikan lahan? Karena ancaman gagal panen bisa membuat petani menderita kerugian. Dan ini jelas turut mengganggu produktivitas. Dengan asuransi, petani tidak akan merugi," tuturnya, Sabtu (10/4/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

 

"Asuransi memiliki klaim sebesar Rp 6 juta perhektare yang akan dicairkan jika terjadi gagal panen. Dengan klaim itu, petani tidak akan merugi, mereka pun tetap memiliki modal untuk kembali tanam," katanya.

Laznas LMI dan Pemerintah Jatim Beli 5.000 Ton Beras Petani Lokal

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 5000 ton beras dibeli oleh Laznas LMI, Baznas Pusat dan Pemerintah Jatim dalam program Peduli Tani Nusantara. Program Peduli Tani Nusantara merupakan bentuk respon kepedulian kepada petani kecil nusantara untuk peningkatan kesejahteraan petani kecil.

 

Beras yang dibeli oleh Laznas LMI, Baznas dan Pemerintah Jatim akan dimanfaatkan dan menfasilitasi zakat fitrah. Agung Wijayanto, Presiden Direktur Laznas LMI mengatakan bahwa gerakan membeli beras dari petani ini juga dibarengi dengan pemberian harga yang layak dan tambahan subsidi sehingga tidak merusak harga beras di pasaran.