Ekspor Pertanian Indonesia Akan Rebut Pasar Dunia

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) menargetkan produk ekspor pertanian Indonesia kedepannya bisa bersaing dengan negara lain memperebutkan pasar dunia.

Menurutnya dalam mencapai hal itu, Kementerian Pertanian (Kementan) harus terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang sesuai standar negara tujuan ekspor sehingga target gerakan tiga kali ekspor (gratieks) bisa terealisasi dengan segera.

Mentan SYL Lepas Ekspor Peternakan dari Jawa Timur

SURABAYA — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus melipatgandakan ekspor produk pertanian termasuk peternakan hingga meningkat tiga kali lipat. Langkah nyata yang ditempuh yakni dengan menggenjot kegiatan ekspor produk peternakan berupa daging ayam olahan dan pakan ternak dengan tujuan ke Negara Republik Demokratik Timor Leste senilai Rp 506,2 miliar di Unit PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Sidoarjo, Ahad (8/12).

Jokowi Perintahkan Indonesia Ekspor Beras 500 Ribu Ton di 2020

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar Indonesia sudah bisa mengekspor beras sekitar April tahun depan. Hal ini Jokowi sampaikan dalam rapat terbatas tentang Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah sore ini.

 

"Saya diminta untuk mempersiapkan untuk ekspor beras. Sehingga kami tidak hanya melihat Indonesia, kami tidak hanya bicara tentang impor saja, tapi mulai tahun ini saya diperintahkan untuk mempersiapkan beras premium untuk mengekspor ke beberapa negara," kata Syahrul dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.

Stok melimpah, Indonesia bersiap mengekspor beras

Hingga saat ini pemerintah telah memiliki stok beras sebanyak 4.776.000 ton. Sementara meskipun pada November dan Desember tahun terjadi kecenderungan defisit antara produksi dan konsumsi beras nasional.

Namun pada awal 2020 akan terjadi panen raya sehingga diperkirakan stok beras nasional akan melimpah.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Februari akan hadir stok baru dari panen-panen yang ada 576.000 ton.