Ekspor Pertanian RI Meningkat, Ternyata China Masih Sering Impor

JAKARTA - Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat kinerja ekspor pertanian membaik dalam empat tahun terakhir. Sepanjang 2014-2018 ekspor pertanian menunjukkan peningkatan baik secara volume maupun nilainya.

Percepat Ekspor dengan Digitalisasi Layanan Ekspor Kementan

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil menunjukkan pesatnya kemajuan digitalisasi layanan pertanian yang dilakukan Kementerian Pertanian dalam mendukung ekspor. Hal ini disampaikannya saat pelepasan ekspor beberapa komoditas pertanian di Semarang, Kamis (22/8/2019).

“Ini adalah instruksi Menteri Pertanian untuk mempercepat layanan. Barantan berkomitmen untuk memberikan model serta solusi secara berkelanjutan dengan digitalisasi layanan,” kata Jamil.

Pada pelepasan ekspor kali ini ditayangkan permohonan pemeriksaan karantina pertanian secara online pada aplikasi IQFAST. Dari demo ini terlihat rata-rata sertifikasi ekspor impor komoditas pertanian di Karantina Pertanian Semarang sebanyak 1.000 pemohon per bulan.

Zanzibar ingin impor beras dari Indonesia

Iven Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) bakal digelar pada tanggal 2-7 September 2019. Tahun ini, Ternate, Maluku Utara didaulat menjadi tuan rumah.

ICCF 2019 bakal menyuguhkan acara-acara berkelas yang bertujuan untuk menciptakan kerja sama lintas stakeholder kota dalam mengembangkan kota kreatif.

Iven yang digagas oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan Jaringan Komunitas Ternate (Jarkot) serta dibantu oleh BEKRAF dan Pemerintah Kota Ternate, bertajuk ‘Tara La No Ate’.

Dalam bahasa Ternate, Tara La No Ate berarti turun ke bawah dan pikat. Tema ini bakal diaplikasikan dengan berbagai acara yang telah disiapkan dengan matang.

Salah satu acara yang menjadi perhatian adalah Creative Cities Conference yang digelar di Grand Hotel Dafam, Ternate, pada 4-5 September 2019. Dalam konferensi ini, akan hadir sejumlah pembicara yang telah diakui sepak terjangnya dalam industri kreatif Indonesia.

Perusahaan AS Pertama yang Sukses Ekspor Beras ke China

Meski situasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China memanas, namun sebuah perusahaan beras di California baru saja menjalin kerja sama dengan Negeri Tirai Bambu. Juli lalu, Sun Valley Rice memenangkan kontrak dagang dengan importir di China, menjadikannya produsen beras AS pertama yang mengekspor beras ke China.

 
Mengutip CNN, Selasa (20/8/2019), awalnya pada tahun 2018 lalu AS dan China mencapai kesepakatan untuk melegalkan ekspor beras AS ke China. Alhasil, lebih dari 24 perusahaan AS disetujui untuk mengekspor beras ke China. Tapi Sun Valley adalah yang pertama kali membuat kesepakatan dan membuka jalan, beras AS masuk ke China.

Merugikan India, Tarif Impor CPO Malaysia Terancam Naik

Keputusan India memangkas tarif impor minyak sawit (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya yang berasal dari Malaysia berbuah pahit.

Kini, Pemerintah India dihadapkan pada desakan industri dalam negerinya untuk menaikkan tarif impor CPO Malaysia.

Kenaikan tarif impor CPO dan produk turunan asal Malaysia dipandang perlu sebagai tindakan pengamanan (safeguard) demi melindungi kepentingan petani dan industri dalam negerinya.