Mentan Pastikan 250.000 Ton Gula Impor Datang di Akhir Ramadhan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan persoalan tiga komoditas bahan pangan menjelang lebaran 2020. Ada pun ketiga komoditas tersebut seperti bawang putih, daging sapi dan gula.

Pria kelahiran Makassar ini menuturkan, pihaknya terus berupaya untuk memastikan stok pangan pada saat lebaran cukup. Khusus untuk pasokan gula pasir, Syahrul memastikan 250.000 ton raw sugar atau gula mentah akan tiba di akhir Ramadhan.
“Proses gula pasir masuk bahkan berproses cukup kuat dari raw sugar ke gula putih 250.000 ton sudah tersedia. Insyaallah dengan doa bersama Kementan sangat yakin stok pangan kita khususnya beras dalam keadaan tersedia, aman, terkendali,” katanya saat menyampaikan melalui video virtual, Minggu (26/4).

 

Selain gula pasir, pasokan daging sapi saat ini juga sedang bermasalah. Permasalahan daging sapi yaitu dari sisi logistik. Permasalah logistik ini berpotensi pasokan daging sapi pada saat lebaran seret.
“Karena impor dan daging sapi agar terlambat karena beberapa importir kita sedang lockdown melakukan penutupan pelabuhan sehingga terlambat pengiriman,” imbuhnya.
 
Sementara itu, bawang putih juga hingga kini tengah menjadi perhatian. Sebab, sebagian besar pasokan bawang putih di Indonesia berasal dari China.
“Bawang putih karena bawang putih masih impor,” pungkasnya.(Kumparan.com)