Ini yang Diberikan Mentan Amran untuk Sejahterakan Petani Gresik

Menteri Pertanian Amran Sulaiman secara simbolik menyerahkan Taman Teknologi Pertanian (TTP) plus kepada Pemkab Gresik. Dalam serah terima tersebut, Amran juga secara simbolik memberikan bibit buah dan sapi kepada petani dan peternak.

 

TTP plus yang terletak di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng tersebut memiliki luas 50 hektare. Lahan ini milik PT Polowijo Gosari yang diserahterimakan ke Pemkab Gresik untuk dikelola petani di wilayah Gresik untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

 

"Ini luar biasa. Ini adalah inisiasi pak Arifin (hairman PT Polowijo Gosari) dan itu biaya-biaya pribadi, tanah-tanah pribadi yang disumbangkan untuk rakyat Indonesia. Kalau ada seribu seperti beliau untuk pertanian hortikultura, selesai," kata Amran usai serah terima TTP plus di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng, Gresik, Rabu (8/8/2018).

 

Amran menyebut dengan menyediakan TPP seluas 50 hektare ini akan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di di Gresik.

"Ini luar biasa untuk petani. Satu tempat ini bisa untuk meningkatkan kesejahteraan 36 ribu rumah tangga petani. Kalau dikalikan empat bisa 100 ribu petani lebih," ungkap Amran.

 

TTP tersebut nantinya akan dijadikan tempat budidaya komoditi buah mangga madu, agrigardina, malaba, garifta merah, garifta oranye, dan arum manis serta menjadi kawasan ternak dan holtikultura.

 

Kedepan, Amran akan melakukan pengembangan tekonologi pertanian yang sama di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini, pihaknya sudah membuat 31 tekno park dari 26 yang ditargetkan oleh pemerintah.

 

"Saat ini sudah 31 dari target pemerintah 26. Kami sudah melampaui target. Tahun depan akan kami tambah lagi. Kami anggarkan lagi tahun depan," ujar Amran.

 

Menurut Amran, dengan membuka teknologi pertanian akan mempermudah untuk mengedukasi para petani diseluruh wilayah di Indonesia.

"Ini sangat bagus untuk petani-petani kita. Ini sangat bagus untuk petani kita mencontoh dengan melihat secara langsung," lanjut Amran.

 

Dalam kesempatan tersebut, Amran juga memberikan apresiasi kepada salah satu staf kementerian yang telah menemukan jenis pohon mangga yang memiliki produktivitas tinggi.

 

"Kami juga mengapresiasi staf kami yang menemukan mangga yang tetap berbuah sepanjang tahun. Ini kami sangat apresiasi sehingga kami berangkatkan ke Brazil untuk melihat buah-buahan yang lain lagi. Insyaallah minggu ini, paling lambat minggu depan berangkat ke Brazil. Ini sangat bagus dan akan kami kembangkan tekno park ini tahun depan," urai Amran.

 

Amran juga menyebutkan pertumbahan ekonomi di Indonesia dalam bidang pertanian berdasarkan data BPS mengalami peningkatan.

"Baru-baru ini pertanian menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi cukup mengembirakan yang baru dirilis oleh BPS. Pertumbuhan ekonomi pertanian cukup di atas target," tandasnya.

 

(detik.com)