Kemtan: Lahan Sawit Indonesia Capai 14,03 Juta Hektare

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kemtan) mengatakan, lahan sawit Indonesia yang tercatat hingga saat ini seluas 14,03 juta hektare.

 

 

Dirjen Perkebunan Kemtan, Bambang mengungkap, angka tersebut bukan bertambah karena adanya penambahan lahan. Dia bilang, angka tersebut didapat setelah Kemtan melakukan perbaikan data.

 

"Dulu saya sampaikan luasan kelapa sawit kita 11,9 juta ha, setelah dirapikanm saat ini tercata 14,03 juta ha," ujar Bambang pekan lalu (21/2).

 

Menurut Bambang, dari luas lahan tersebut sekitar 5 juta ha merupakan perkebunan sawit milik rakyat. Karena itu, kegiatan replanting (peremajaan) sangat penting untuk dilakukan.

 

Bambang menambahkan, tingkat produksi minyak sawit Indonesia berkisar 37,8 juta ton dengan rata-rata produktivitas berkisar 3,6 ton per hektare. Dia bilang, angka tersebut masih di bawah standar.

 

"Masih ada potensi yang bissa dicapai. Kalau minyak sawit produktivitasnya 8-10 ton per ha, itu bisa meningkat tiga kali lipat dan kebaikan kelapa sawit akan kita gapai untuk kesejahteraan rakyat kita," kata dia.

 

Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Agribisnis Musdalifah pun mengatakan, kini sudah mengacu pada data dari Kementerian Pertanian.

 

(Kontan)