Mentan Mau Bangun Kampus Pertanian Berbasis Teknologi

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman berencana membangun perguruan tinggi guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian. Rencananya lembaga pendidikan tersebut akan digarap bersama Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Amran menyatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan di wilayah Tangerang, Banten untuk lokasi lembaga pendidikan tersebut. Selain menggandeng Kemenristekdikti, pihaknya juga berharap bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi dari luar negeri.

‎"Jadi ada lahan di Tangerang, lahan Kementan, kurang lebih 30 hektare (ha). Kami usul sinergi dengan Kemenristekdikti, kita sinergi. Kami harapkan ke depan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri," ujar dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Menurut Amran Sulaiman, lembaga pendidikan ini nantinya akan mengembangkan SDM di sektor pertanian melalui penerapan teknologi. Hal ini diharapkan Indonesia memiliki SDM yang andal di sektor pertanian.

‎"Untuk membangun semacam politeknik mekanisasi, dan itu mungkin teknologi pertanian atau yang jelas ini bisa menopang sektor pertanian Indonesia. Sehingga ini nanti kita bisa mencetak manusia-manusia handal dari perguruan tinggi yang kita bangun," kata dia.

Amran menyatakan, peran teknologi dalam sektor pertanian saat ini sudah tidak bisa lagi dikesampingkan. Oleh sebab itu, jika ingin bersaing, maka Indonesia juga harus menerapkan teknologi dalam pengelolaan sektor pertaniannya.

‎"Kita negara agraris, 60 persen masyarakat kita bergerak di sektor pertanian, kita tidak bisa bersaing tanpa teknologi, tanpa mekanisasi pertanian. Ini harapkan bisa secepatnya, kami ikut pada Menristekdikti," tandas Amran Sulaiman.

(bisnis.liputan6.com)